Headlines

Sekolah Tanjungpinang: Membangun Kemitraan dengan Orang Tua untuk Pendidikan yang Holistik – Artikel ini membahas tentang pentingnya peran orang tua dalam pendidikan anak di Sekolah Tanjungpinang, serta upaya sekolah dalam membangun kemitraan yang erat antara sekolah dan orang tua siswa.


Sekolah Tanjungpinang merupakan salah satu sekolah yang memiliki komitmen kuat dalam membangun pendidikan yang holistik bagi para siswanya. Salah satu faktor penting dalam mencapai tujuan tersebut adalah melalui kemitraan yang erat antara sekolah dan orang tua siswa. Orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung perkembangan dan pembelajaran anak di sekolah.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Saleh (2018), kemitraan antara sekolah dan orang tua memiliki dampak yang positif terhadap prestasi akademik dan perilaku siswa. Dengan adanya keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak, anak akan merasa didukung dan memiliki motivasi yang tinggi untuk belajar. Hal ini juga dapat meningkatkan kualitas hubungan antara siswa, sekolah, dan orang tua.

Sekolah Tanjungpinang menyadari pentingnya peran orang tua dalam pendidikan anak. Oleh karena itu, sekolah ini aktif mengajak orang tua untuk terlibat dalam kegiatan pendidikan anak, seperti menghadiri rapat orang tua guru, mengikuti kegiatan sekolah, serta mendukung kegiatan ekstrakurikuler yang diikuti oleh anak. Dengan adanya kemitraan yang baik antara sekolah dan orang tua, diharapkan pendidikan yang diberikan kepada siswa dapat menjadi lebih holistik dan menyeluruh.

Selain itu, Sekolah Tanjungpinang juga menyediakan sarana komunikasi yang memudahkan interaksi antara sekolah dan orang tua, seperti melalui aplikasi pengelolaan sekolah atau website sekolah yang dapat diakses oleh orang tua untuk mendapatkan informasi terkait kegiatan sekolah dan perkembangan anak.

Dengan adanya kemitraan yang kuat antara sekolah dan orang tua, Sekolah Tanjungpinang tidak hanya memberikan pendidikan yang baik kepada siswa, tetapi juga membentuk karakter yang baik pada anak. Keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak merupakan investasi jangka panjang yang akan memberikan dampak positif bagi masa depan anak.

Dengan demikian, penting bagi sekolah dan orang tua untuk bekerja sama dalam mendukung pendidikan anak. Kemitraan yang baik antara sekolah dan orang tua dapat menciptakan lingkungan pendidikan yang kondusif bagi perkembangan anak secara holistik.

Referensi:
Saleh, M. (2018). The Role of Parental Involvement in the Academic Achievement of Children. Journal of Education and Practice, 9(3), 60-65.