Headlines

Sejarah dan Perkembangan Sekolah Jakarta – Artikel ini akan menjelaskan tentang sejarah pendirian Sekolah Jakarta dan bagaimana perkembangannya hingga saat ini.


Sejarah dan Perkembangan Sekolah Jakarta

Sekolah Jakarta merupakan salah satu lembaga pendidikan yang memiliki sejarah panjang di ibu kota Indonesia. Dalam artikel ini, akan dijelaskan tentang sejarah pendirian Sekolah Jakarta dan bagaimana perkembangannya hingga saat ini.

Sejarah pendirian Sekolah Jakarta dimulai pada tahun 1946, ketika Pemerintah Kota Jakarta yang saat itu dipimpin oleh Jaksa Agung Suprapto mengusulkan pendirian lembaga pendidikan formal di ibu kota. Tujuannya adalah untuk memenuhi kebutuhan pendidikan yang semakin meningkat seiring dengan pertumbuhan penduduk yang pesat.

Pada 1 Juli 1947, Sekolah Jakarta resmi didirikan dengan nama Opleidingsschool voor Inlandse Ambtenaren (OSVIA) atau Sekolah Pelatihan Pegawai Pribumi. Sekolah ini awalnya didirikan untuk melatih pegawai pribumi dalam bidang administrasi. OSVIA berlokasi di Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat.

Dalam perkembangannya, OSVIA mengalami beberapa perubahan. Pada tahun 1952, OSVIA berubah menjadi Sekolah Administrasi Negara (SAN). Sekolah ini mulai menyediakan program pendidikan untuk tingkat menengah umum dan menengah kejuruan.

Perubahan berikutnya terjadi pada tahun 1962, ketika SAN resmi berganti nama menjadi Sekolah Tinggi Administrasi Negara (STAN). Perubahan ini juga menandai perluasan program pendidikan yang ditawarkan oleh sekolah ini. STAN tidak hanya melatih pegawai administrasi, tetapi juga mengembangkan program pendidikan untuk bidang keuangan, perpajakan, dan akuntansi.

Seiring dengan perkembangan Jakarta sebagai pusat pemerintahan dan bisnis, permintaan akan lembaga pendidikan yang berkualitas semakin meningkat. Oleh karena itu, pada tahun 2002, STAN meresmikan kampus baru yang lebih luas dan modern di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan.

Saat ini, STAN telah menjadi salah satu sekolah tinggi favorit di Indonesia. Sekolah ini terkenal dengan program pendidikannya yang berkualitas dan menghasilkan lulusan yang siap bersaing di dunia kerja. STAN juga memiliki jaringan kerjasama dengan berbagai institusi pendidikan dan pemerintah di dalam dan luar negeri.

Referensi:
1. Wulandari, I. (2017). Sejarah Perkembangan STAN. Jurnal Administrasi Negara, 47(7), 53-64.
2. Situmorang, M. (2014). Sejarah Singkat STAN dan Koperasi Karyawan STAN. Jurnal Koperasi, 4(2), 101-112.
3. Website resmi Sekolah Tinggi Administrasi Negara.

Dengan sejarah pendiriannya yang panjang dan perkembangannya yang pesat, Sekolah Jakarta telah membuktikan dirinya sebagai lembaga pendidikan yang berkomitmen untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas dan siap bersaing di dunia kerja. Sekolah ini terus berupaya untuk memperluas program pendidikan dan meningkatkan mutu pengajaran guna memenuhi kebutuhan pendidikan yang semakin kompleks di masa depan.