Headlines

https://www.kompas.com/pendidikan/read/2021/03/12/081000171/mengapa-sekolah-negeri-menjadi-pilihan-utama-masyarakat-indonesia


Mengapa Sekolah Negeri Menjadi Pilihan Utama Masyarakat Indonesia

Pendidikan memegang peranan penting dalam pembangunan suatu negara. Di Indonesia, pilihan sekolah menjadi hal yang sangat penting bagi masyarakat. Banyak orang tua yang memilih menyekolahkan anak-anak mereka di sekolah negeri. Tidak hanya karena alasan finansial, tetapi ada beberapa faktor lain yang membuat sekolah negeri menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia.

Salah satu alasan utama adalah kualitas pendidikan yang ditawarkan oleh sekolah negeri. Sekolah negeri biasanya memiliki sumber daya yang lebih lengkap, seperti fasilitas yang memadai dan tenaga pengajar yang berkualitas. Pemerintah secara aktif memberikan perhatian khusus pada pengembangan pendidikan di sekolah negeri, termasuk penyediaan buku teks, pembaruan kurikulum, dan pelatihan guru. Hal ini berkontribusi pada peningkatan mutu pendidikan di sekolah negeri, sehingga orang tua merasa nyaman dan yakin untuk menyekolahkan anak-anak mereka di sana.

Selain kualitas pendidikan, faktor lain yang membuat sekolah negeri menjadi pilihan utama adalah adanya sistem seleksi yang transparan. Proses penerimaan siswa di sekolah negeri didasarkan pada sistem zonasi atau poin, yang membuat proses seleksi menjadi lebih adil dan terbuka untuk semua calon siswa. Hal ini berbeda dengan sekolah swasta yang mungkin memiliki proses seleksi yang lebih ketat dan mahal.

Aspek keamanan juga menjadi pertimbangan penting dalam memilih sekolah untuk anak-anak. Sekolah negeri umumnya memiliki sistem keamanan yang baik, seperti pengawasan yang ketat, pintu gerbang yang terkunci, dan peraturan yang ketat. Hal ini memberikan rasa aman bagi orang tua, karena mereka tahu bahwa anak-anak mereka berada di lingkungan yang terjaga dengan baik.

Selain itu, sekolah negeri juga memiliki keuntungan dalam hal biaya pendidikan yang lebih terjangkau. Biaya pendidikan di sekolah negeri cenderung lebih rendah dibandingkan dengan sekolah swasta. Meskipun ada beberapa biaya tambahan seperti seragam dan buku-buku, namun jumlahnya jauh lebih murah dibandingkan dengan biaya sekolah swasta yang meliputi biaya pendaftaran, uang pangkal, dan biaya bulanan yang tinggi.

Namun, penting untuk diingat bahwa setiap sekolah memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Meskipun sekolah negeri memiliki banyak keunggulan, ada juga beberapa tantangan yang harus dihadapi, seperti jumlah siswa yang banyak sehingga tingkat persaingan lebih tinggi. Oleh karena itu, orang tua perlu mengevaluasi kebutuhan dan keinginan anak-anak mereka sebelum memutuskan sekolah mana yang paling cocok untuk mereka.

Dalam kesimpulannya, sekolah negeri menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia karena kualitas pendidikan yang baik, sistem seleksi yang adil, keamanan yang terjamin, dan biaya pendidikan yang lebih terjangkau. Namun, penting bagi setiap individu untuk mempertimbangkan kebutuhan pribadi dan karakteristik sekolah masing-masing sebelum membuat keputusan akhir.

Referensi:
1. Kompas Pendidikan, “Mengapa Sekolah Negeri Menjadi Pilihan Utama Masyarakat Indonesia”,
2. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,
3. Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,
4. Direktori Sekolah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,