Contoh Surat Dinas Sekolah yang Benar dan Profesional


Contoh Surat Dinas Sekolah yang Benar dan Profesional

Surat dinas merupakan salah satu bentuk komunikasi resmi yang biasa digunakan dalam lingkup sekolah. Surat dinas digunakan untuk mengirimkan informasi, instruksi, undangan, atau surat resmi lainnya kepada pihak-pihak terkait di lingkungan sekolah. Oleh karena itu, penting bagi sekolah untuk membuat surat dinas yang benar dan profesional agar pesan yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh penerima.

Berikut adalah contoh surat dinas sekolah yang benar dan profesional:

[Logo Sekolah]

Nomor: 001/SDS/2021

Perihal: Undangan Rapat Koordinasi

Kepada Yth.
Bapak/Ibu Kepala Sekolah
SD Negeri 1 Kecamatan X

Dengan hormat,

Sehubungan dengan adanya rapat koordinasi yang akan diselenggarakan pada:

Hari / Tanggal: Senin, 15 Februari 2021
Waktu: Pukul 08.00 WIB
Tempat: Aula Sekolah

Bersama ini kami mengundang Bapak/Ibu Kepala Sekolah beserta satu orang perwakilan guru untuk menghadiri rapat tersebut. Adapun agenda rapat meliputi evaluasi pelaksanaan kegiatan pembelajaran jarak jauh dan persiapan untuk pelaksanaan ujian akhir semester.

Demikian surat undangan ini kami sampaikan, atas perhatian dan kehadiran Bapak/Ibu di acara tersebut kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

[Logo Sekolah]

Kepala Sekolah
Nama Kepala Sekolah

Surat dinas di atas merupakan contoh surat dinas yang sederhana namun tetap memenuhi kaidah-kaidah tata bahasa dan format surat dinas yang benar. Dalam penulisan surat dinas, penting untuk memperhatikan hal-hal seperti penempatan nomor surat, perihal surat, tujuan surat, isi surat, dan penutup surat.

Adapun referensi yang dapat digunakan untuk membuat surat dinas yang benar dan profesional antara lain adalah Pedoman Penyusunan Surat Dinas Sekolah dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia serta buku-buku tata cara penulisan surat resmi dan administrasi perkantoran.

Dengan memperhatikan contoh surat dinas di atas dan mengacu pada referensi yang ada, diharapkan sekolah dapat membuat surat dinas yang benar dan profesional untuk keperluan komunikasi resmi di lingkungan sekolah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca.